• Posted by : MOHAMMAD SYAMSIH, S.T.



    BAB I 
    SISTEM KOMPUTER 
    (HARDWARE KOMPUTER & JARINGAN KOMPUTER)


           
    MODUL AJAR 
    KOMPONEN PERANGKAT KERAS JARIS KOMPUTER

    A. INFORMASI UMUM
    1. Identitas Sekolah
        Nama Penyusun        : Mohammad Syamsih, S.T.
        Nama Sekolah           : SMKS Al Akhyar Labang
        Mata Pelajaran           : Konsentrasi Keahlian TJKT
        Fase                           : F
        Alokasi Waktu           : 5 Minggu 4 jam pelajaran (1jp x 45 menit)
        Materi Pokok             : Komponen Perangkat Keras komputer

        Capaian Pembelajaran :
    Pada akhir fase, peserta didik akan mendapatkan gambaran yang tepat mengenai program keahlian yang dipilihnya meliputi pemahaman tentang : 
    peserta didik mampu menggunakan peralatan / teknologi di bidang jaringan komputer dan telekomunikasi antara lain komputer, penggunaan printer, router, hub dll.

    2. Kompetensi Awal
        Peserta didik memiliki pengetahuan awla tentang :
    Dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi tentang perkembangan teknologi komputer dan komponen sistem komputer.

    3. Profil Pelajar Pancasila
        Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME sebuah kewajiban bagi umat beragama untuk menjalankan ajaran agama, berahlak mulia sebagai pribadi yang baik dan senantiasa berempati, mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan, berpikir kritis memperoleh, mengolah dan menganalisis infromasi serta mengevaluasi pemikirannya sendiri, mandiri memiliki insiatif, mengendalikan emosi, percaya diri dan adaptif terhadap situasi/kondisi, dan kreatif memiliki keluwesan berpikir dalam berkarya.

    4. Sarana dan Prasarana 
         Sarana      : Laptop, PC, Proyektor, Alat tulis, Buku tulis, 
         Prasarana : Blog, Buku paket kelas, Modul, Link, Youtube

    5. Target Peserta Didik 
      Target peserta didik: Peserta didik mampu menjelaskan cara kerja komputer dan masing-masing komponen-komponennya, menjelaskan peran jaringan komputer yang terjadi pada interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna.

    6. Model Pembelajaran
        Model Pembelajaran : Problem Base Learning
        Metode pembelajaran : Diskusi, Penugasan, Tanya jawab, presentasi


    B. INFORMASI INTI
    1. Tujuan Pembeljaran 
    a. Peserta didik mampu menyebutkan komponen-komponen perangkat keras komputer beserta fungsinya.
    b. Peserta didik memahami cara kerja Perangkat Komputer serta Perangkat Pendukungnya,
    c. Mampu menggunakan printer (Menyalakan, mencetak mematikan dan troubleshooting)
    d. Peserta didi mampuk menyebutkan komponen perangkat jaringan dan fungsinya.

    2. Pemahaman Bermakna
    Pemahaman bemakna dalam pembelajaran materi perangkat keras komputer dan perangkat keras jaringan komputer yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari adalah Pesreta didik dapat memanfaatkan berbagai macam perangkat keras komputer untuk berbagai kepentingan mulai di perkantoran sampaikepentingan pribadi.

    3. Pertanyaan pemantik
        a. Apakah kompputer bisa digunakan ketika salah satu komponen tidak ada ?
        b. Apakah itu Printer ?
        c. Apakah itu Jaringan ?

    4. Persiapan Pembelajaran
        a. Kesiapan mental dan fisik peserta didik
        b. Kesiapan sarana dan prasarana
        c. Mengkaitkan Materi yang akan diajarkan dengan materi atau tema sebelummya
        d. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan materi yang diajarkan.

    5. Kegiatan Inti
    A. PERTEMUAN 1 (4 JPx45 Menit)
         Pengertian dan Jenis Perangkat Keras Komputer
    B. PERTEMUAN 2 (4 JPx45 Menit)
        Fungsi Komponen Perangkat Keras Komputer
    C. PERTEMUAN 3 (4 JPx45 Menit)
         Perangkat Keras Printer
    D. PERTEMUAN 4 (4 JPx45 Menit)
         Perangkat Jaringan Komputer
    E. PERTEMUAN 5 (4 JPx45 Menit)
         Fungsi Komponen Perangkat Jaringan Komputer

    6. Asesmen
    Diagnostik
    a. Apa yang dimaksud dengan perangkat keras ?
        Jawab :
    b. Apa fungsi dari perangkat printer ?
        Jawab :
    c. Apa saja komponen dari jaringan komputer ?
        Jawab :

    7. Pengayaan dan Remidial

    a. Pengayaan 

    Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut : 

        1) Mencari informasi secara online tentang Perkembangan Jaringan komputer

        2) Mencoba mencari tahu penggunaan perangkat router 

    b. Remedial 

    Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut : 

        1) Jelaskan tentang manfaat TIK bagi kehidupan sehari-hari 

        2) Silakan cari tahu Produk apa saja yang meanfaatkan TIK untuk kepentingan Pendidikan!


    8. Refleksi
    Refleksi yang diberikan kepada peserta didik berupa pertanyaan sebagai berikut. 
    1) Apa yang sudah kalian pelajari? 
    2) Apa yang kalian kuasai dari materi ini? 
    3) Apa upaya kalian untuk menguasai yang belum kalian kuasai? 
    4) Sebutkan hal yang menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan alasannya!
    5) Sebutkan hal yang tidak menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan alasannya!

    C. LAMPIRAN
    1. Materi dan Lembar Kerja Peserta didik
    a. Materi ( Link : )
    b. Lembar Kerja Peserta Didik (Link : )
    c. Tugas
    d. Tes Akhir

    D. DAFTAR PUSTAKA

  • - Copyright © MOHAMMAD SYAMSIH, S.T. - Powered by Blogger - Designed by Mohammad Syamsih, S.T. -