BAB I
KARAKTERISTIK SATUAN PENDIDIKAN
Analisis kekhasan daerah dan konteks sosial
SMK Al Akhyar Labang merupakan sekolah kejuruan yang berlokasi di Dsn. Tambak Agung Desa Ba’engas Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan Propinsi Jawa Timur yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Al Akhyar dibawah naungan Yayasan Bakti Agung. SMK Al Akhyar Labang didirikan pada tahun 2005 dimana pada saat itu dipimmpin oleh Kepala sekolah Mulyadi, S.Pd yang bekerja sama dengan Pimpinan Yayasan Bakti Agung yang dipimpin oleh KH. Firdaus Hasan, S.Pd.I.
SMK AL Akhyar Labang sejak tahun 2005 dan memulai kegiatan belajar mengajar di gedung lama dekat jalan raya dengan 2 bidang keahlian yakni Teknik Sepeda Motor dan Teknik Komputer Jaringan dengan pembelajaran yang dimulai pukul 08.00 hingga jam 13.00. Menempati gedung lama selama tujuh tahun kemudian pada tahun 2012 dipindah ke area Pondok Pesantren Al Akhyar yang dinaungi oleh Yayasan Bakti Agung dengan pembelajaran yang dimulai pukul 10.00 hingga jam 17.00 dengan 9 rombel/kelas.
Seiring berjalan waktu peraturan di SMK Al Akhyar Labang dipadankan dengan peraturan pondok pesantren al akhyar yang salah sattunya adalah bahwa santri tidak boleh keluar dari area pondok maka pada tahun 2012 kegiatan sekolah SMK Al Akhyar Labang pindah ke area Pondok Pesantren Al Akhyar dan secara bertahap dibangun kelas untuk SMK Al Akhyar Labang hingga saat ini.
Mengenai kepemimpinan atau Jabatan Kepala Sekolah SMK Al Akhyar sudah dipimpin oleh 5 (empat) kepala sekolah hingga sekarang, yakni:
1) Mulyadi, S.Pd (2005 - 2010)
2) Adi Haryono (2011 - 2014)
3) Yasir Arafat, SE (2015-2016)
4) Moh. Hamzah, S.Sos (2017-2018)
4) Musliman, S.Pd (2019 – Sekarang)
Karakteristik Peserta didik, Pendidik dan Tenaga kependidikan
Peserta didik di SMKS Al Akhyar mayoritas adalah santri di Pondok Pesantren Al Akhyar yang dinaungi Yayasan Bakti Agung sedangkan pendidik dan tenaga kependidikan 50 persen dari kalangan alumni/guru yang mengajar di pondok pesantren al akhyar dan 50 persen lainnya dari luar pondok pesantren.
Rincian Jumlah Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan beserta sarana dan prasarana di SMK Al Akhyar Labang tahun 2024/2025 dapat kami jabarkan sebagai berikut :
Data rombongan belajar
Tabel 1.1 Data Rombongan Belajar di SMK Al Akhyar Labang
No. | Konsentrasi Keahlian | Rombel Kelas | ||
X | XI | XII | ||
1 | Teknik Sepeda Motor | 1 | 1 | 1 |
2 | Teknik Komputer dan Jaringan | 2 | 2 | 2 |
Jumlah | 3 rombel | 3 rombel | 3 rombel | |
Total rombel | 9 rombel | |||
Tabel. 1.2 Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMK Al Akhyar Labang
No | Nama Pendidik | Ijazah Terakhir | MATA PELAJARAN | JABATAN | |
1 | Muhammad Sholeh Azis, S.Pd.I | S1 | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti | GTY | |
2 | Yasir Arafat | S1 | Produk Kreatif dan Kewirausahaan | GTY | |
3 | Nur Hamim | S1 | Bahasa Indonesia | GTT | |
4 | Abd. Hamid Kholil | S1 | Bahasa Inggris | GTY | |
5 | Moh. Hamzah | S1 | Sejarah | GTT | |
6 | Lula Kumala | S1 | Informatika | GTY | |
7 | Siti Musdalifah, S.Pd | S1 | Projek Pengetahuan Alam dan Sosial | GTT | |
8 | Miftah, S.Pd | S1 | Pendidikan Pancasila | GTY | |
9 | Musliman, S.Pd | S1 | Dasar Desain Grafis | GTY | |
10 | Fahmi, S.Pd | S1 | Bahasa Madura | GTT | |
11 | Aprilia Ariska, S.Pd | S1 | Bahasa Indonesia | GTT | |
12 | Mohammad Syamsih, S.T | S1 | Konsentrasi Keahlian TKJ | GTY | |
13 | Mohammad Salimun, S.T | S1 | Konsentrasi Keahlian TSM | GTT | |
14 | Rofii | S1 | Program Keahlian TSM | GTT | |
15 | Makki Syafii, S.Pd | S1 | Bahasa Madura | GTT | |
16 | Abd. Muis Alkirom | S1 | Sejarah | GTY | |
17 | Imaduddin, S.Pd | S1 | Seni | GTY | |
18 | Feti Wijayanti, S.Pd | S1 | Bahasa Inggris | GTY | |
19 | Ardin Pranata, S.Pd | S1 | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | GTY | |
20 | Abd. Hamid Humaidi, S.Pd | S1 | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti | GTT | |
21 | Eko Purnomo SR, S.Pd | S1 | Matematika | GTT | |
22 | M. Kholil, S.Pd | S1 | Pendidikan Pancasila | GTT | |
23 | Mu'awanatul Khiriyah | S1 | Informatika | GTT | |
24 | Imron, S.Pd | S1 | Gambar Teknik | GTT | |
25 | Selvy Desi Ekawaty, S.Pd | S1 | Seni | GTT | |
Data Tata Usaha
Tabel. 1.3 Data Staf TU SMK AL Akhyar Labang
TATA USAHA | Jenis Kelamin | KETERANGAN | |
1 | M. Khodiri | L | Kabid TU |
2 | Fathur Rosi | L | TU |
3 | Hidayatur Riskiyah | P | TU |
4 | Azizah | P | TU |
Data Sarana dan Prasarana
Tabel. 1.4 Sarana Prasarana SMK Al Akhyar Labang
No | Uraian | Jumlah |
1 | Aula | 1 |
2 | Gudang | 1 |
3 | Bengkel TSM | 1 |
4 | Lab. TKJ dan Multimedia | 1 |
5 | UKS | 1 |
6 | Musolla | 2 |
7 | Ruang OSIS | 2 |
8 | Perpustakaan | 1 |
9 | Ruang Kepala Sekolah | 1 |
10 | Ruang Waka | 1 |
11 | Ruang Guru | 1 |
12 | Ruang Komite | 1 |
13 | Ruang TU | 1 |
14 | Ruang BK | 1 |
15 | Ruang Kelas | 9 |
16 | Pos Keamanan | 1 |
17 | Toilet Guru | 2 |
18 | Toilet Siswa | 4 |
19 | Kantin | 2 |
20 | Lapangan Upacara | 1 |
21 | Parkir Guru | 1 |
22 | Ruang Olahraga | 1 |
Tabel. 1.3 Data Jumlah Peserta Didik SMK AL Akhyar Labang Tahun Ajaran 2023/2024
ROMBEL | L | P | TSM | TKJ1 | TKJ2 | Jumlah PD | |
1 | Kelas X | 52 | 23 | 22 | 30 | 23 | 75 |
2 | Kelas XI | 42 | 25 | 24 | 18 | 25 | 67 |
3 | Kelas XII | 45 | 29 | 18 | 27 | 29 | 54 |
Jumlah Siswa | 139 | 77 | 64 | 75 | 77 | 216 | |
BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN PENDIDIKAN
Visi SMK Al Akhyar Labang :
Dengan menganalisa potensi yang ada di SMK Al Akhyar Labang baik dari segi input/ peserta didik baru, kompetensi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, lingkungan sekolah, peran serta masyarakat maka tersusunlah visi sekolah yang sudah dirancang tahun 2022 yang targetnya akan dicapai pada tahun 2027. Maka Visi SMK Al Akhyar Labang adalah
“ MENCETAK INSAN YANG BERTAQWA, BERAHLAQ MULIA, CERDAS, BERPRESTASI, TERAMPIL DAN MANDIRI”
Misi SMK AL Akhyar Labang :
Untuk mewujudkan visi yang sudah dirancang maka disusunlah beberapa misi yang pencapaiannya peserta didik, dunia industri dan kwalitas lulusan. Maka misi SMK Al Akhyar Labang dapat dijabarkan sebagai berikut.
Menumbuhkan konsistensi peserta didik dalam mengamalkan ajaran agama islam
Menjalankan pembelajaran dan bimbingan yang efektif dan menyenangkan
Tampil menyandang prestasi
Menjalin kerjasama dengan DUDIKA dan pihak terkait untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan peserta didik
Tujuan SMK Al Akhyar Labang
Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu insan yang beriman serta bertakwa terhadap Maha Kuasa dan Maha Esa serta berbudi pekerti luhur mempunyai pengetahuan serta keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani.
Tujuan SMK AL Akhyar Labang dapat dijabarkan sebagai berikut :
Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa
Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan
Menghasilkan lulusan yang berkompeten
Meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana sekolah.
Tujuan Konsentrasi Keahlian
Teknik Komputer dan Jaringan
Berdasarkan visi dan misi, maka disusunlah tujuan yang akan menjadi landasan mencapai profil kompetensi lulusan Konsentrasi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan melalui Pengembangan bersama mitra dunia kerja. Tujuan Program Keahlian Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yaitu sebagai berikut
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dan kreatif di bidang Teknik Komputer dan Jaringan.
Menciptakan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri khususnya industri Teknik Komputer dan Jaringan.
Teknik Sepeda Motor
Umum: Konsentrasi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor adalah menyiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
Khusus :
1. Membekali peserta didik dengan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan agar memiliki kompetensi yang bersaing dalam hal berikut :
Perawatan dan perbaikan mesin sepeda motor
Perawatan dan perbaikan chasis sepeda motor
Perawatan dan perbaikan sistem Kelistrikan sepeda motor
2. Membekali peserta didik dengan wawasan entrepreneur agar menjadi wirausahawan yang ulet dan tangguh.
.jpg)
Posting Komentar